23

KATA SAMBUTAN PERINGATAN ISRA MI’RAJ – Ngebro.com

Isra Mi’raj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa inilah dia mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Quran, yaitu Surah Al-Isra.

Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Mi’raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam. Oleh karena itu setiap bertepatan dengan Isra Mi’raj, umat muslim berbondong-bondong membuat acara peringatan Isra Mi’raj. Acara ini biasanya diisi dengan pengajian, tausiah, dan masih banyak lagi. Tak hanya sekolah-sekolah dan masjid-masjid, bahkan instansi pemerintah dan swasta pun kerap menggelar acara ini.

Dan sebelum tausiah dan acara lainnya dimulai, biasanya akan ada kata sambutan terlebih dahulu. Bisa merupakan kata sambutan dari ketua panitia, dari pejabat setempat, dan lain sebagainya. Dan berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh kata sambutan peringatan Isra Mi’raj. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Contoh 1 :

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wa bihi nasta’iinu ‘alaa umuuriddunya waddiin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du

Yang terhormat bapak KH……, para alim ulama yang saya ta’ati saudara, bapak, ibu hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam dalamnya kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari besar Islam, yaitu Isra’ Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan Nabi ku Muhammad SAW yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kekafiran menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Selanjutnya, saya sampaikan terimah kasih kepada pembawa acara yang telah memberikan kesempatan kepada saya, atas nama panitia penyelenggara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhamma SAW untuk menyampaikan kata sambutan dalam acara acara ini.

Hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati. Atas nama panitia penyelenggara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraa peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW baik yang berupa tenaga maupun harta benda, materiil maupun spirituil sehingga acara ini dapat terselenggara pada malam hari ini. Semoga amal saudara bapak dan ibu semua diterima oleh Allah SWT dan dicatat sebagai amal salih, dan mendapatkan balasan yang lebih baik dari Allah SWT. Aamiin.

Hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati. Melalui peringatan Isra’ Mi’raj ini, hendaklah mampu menggerakkan perenungan kita mengenai corak intelektualitas kita dan apa yang lama ini kita jadikan sebagai ukuran dalam menilai suatu kebenaran. Hal ini menjadi penting kita lakukan untuk menjaga keimanan kita agar tidak terjadi kegoncangan dan pengikisan.

Sebagai manusia kita harus menyakini dengan penuh kesadaran akan kemahakuasaan Allah SWT sehingga kita sadar betul akan posisi kita sebagai makhluk yang sangat lemah dan memiliki banyak keterbatasan. Karena manusia memiliki kecenderungan menyombongkan intelektuàlitasnya, merasa serba tahu dan serba bisa. Percaya diripada seseorang sering kali melampaui batas kepandaian yang disandangnya. Betapapun tingginya ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dicapai oleh manusia jangan sampai membuatnya kehilangan kendali, terbius dan merasa paling tahu mengenai sesuatu. Sebab betapapun tingginya ilmu pengetahuan yang dicapainya itu hanyalah sedikit, sebagaimana telah diingatkan Allah swt. dalam firman-Nya: “Dan tidaklah kamu diberi pengeliiian melainkan sedikit.” (QS. Al-Isra’: 85).

Akhirnya, sebagai panitia penyelenggara peringatan Isra’Mi’raj Nabi besar Muhammad SAW pada malam hari ini, mohon maaf kepada semua pihak atas segala kesalahan dan kekhilafan sarta kurang lebihnya dalam penyelenggaraan peringatan malam ini.

Akhir kata, wa billahitaufiq walhidayah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh 2 :

Assalamualaikum wr. wb.

Yang terhormat Bapak Kepala Desa/Lurah……… atau yang mewakili beserta segenap jajarannya,

Yang terhormat Bapak RW/RT ………..  dan kepengurusan RT/RW………….

Yang terhormat Bapak Kyai H…………………..

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah,
Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt, atas nikmat yang dianugerahkan kepada kita semua, sehingga khususnya pada malam/siang hari ini kita semua diberi kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani untuk berkumpul bersama-sama menghadiri acara ini dan sekaligus mendengarkan tausiah dalam rangka memperingati Isra’ dan Mi’raj Nabi Besar Muhammad saw.

Selanjutnya, saya atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap hadirin yang dengan tulus ikhlas sudi meluangkan waktu untuk hadir dalam pengajian ini. Semoga kehadiran Bapak dan Ibu sekalian menjadikan amal ibadah yang dapat menjadi bekal di hari akhir kelak. Aamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini tausiah akan dibawakan oleh Bapak Kyai H………………… . Untuk itu kami berharap para hadirin sekalian dapat menyimak dan memetik hikmah dari apa yang disampaikan oleh beliau nanti dan menjadikan modal kita dalam setiap langkah untuk mencari rida Allah Swt. Tak lupa pula, kami ucapkan selamat datang dan terima kasih banyak kepada Bapak Kyai H………… yang telah sudi menghadiri undangan kami untuk memberikan tausiah-tausiahnya kepada kami.

Hadirin yang dirahmati Allah, kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW, nabi terakhir, sudah sewajarnya untuk mengenal lebih dekat tentang jejak dan perjuangannya dalam menyebarkan Islam. Beliaulah yang menuntun kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang-benderang. Dengan mengetahui lebih dekat tentang beliau (Nabi Muhammad SAW) diharap kita lebih meningkatkan kecintaan kepada beliau (Nabi Muhammad saw.) dengan cara menjalankan sunnah-sunnahnya. Sehingga dengan begitu berharap dapat meningkatkan pula iman dan taqwa kita kepada Allah Swt.

Saya atas nama panitia peringatan Isra’ Mi’raj, berharap semoga pengetahuan agama khususnya masalah Isra’ Mi’raj ini nantinya benar-benar dapat dihayati oleh hadirin, untuk selanjutnya dapat diamalkan sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan. Di samping itu, saya atas nama panitia memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan dalam penyelenggaraan acara ini. Kami memiliki keterbatasan atas semua itu, sehingga dalam penyelenggaraan acara ini tentunya banyak kekurangan dan kekhilafannya.

Untuk itu, sekali lagi, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada hadirin sekalian. Tak lupa pula, kepada segenap panitia, saya ucapkan terima kasih karena telah rela dan ikhlas menyumbangkan pikiran, tenaga, waktu, serta harta sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan saudara sekalian dengan pahala yang besar. Aamiin.

Sekian sambutan dari saya, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Akhir kata, billahitaufiq walhidayah,
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Demikianlah ulasan kami tentang kata sambutan peringatan Isra Mi’raj. Semoga bermanfaat. Dan selamat berkunjung ke ulasan menarikkami yang lainnya.


KATA SAMBUTAN PERINGATAN ISRA MI’RAJ – Ngebro.com

More Story on Source:

* Source→ *

0

Publication author

offline 2 weeks

SFi Official

0
Comments: 0Publics: 1356Registration: 11-03-2021