19

TIPS BERSEPEDA DI MUSIM PENGHUJAN ALA DUNIA SEPEDA

Indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Pada saat Indonesia memasuki musim penghujan, maka sebagian aktivitas akan terganggu apabila dilakukan dalam musim tersebut. Salah satu aktivitas yang mungkin akan terhambat dilakukan saat musim penghujan yaitu bersepeda, menurut dunia sepeda Makassar.

Pada saat musim penghujan memiliki berbagai macam tantangan berbahaya. Dalam hal ini, faktor keamanan dalam bersepeda harus ditingkatkan. Kali ini terdapat tips bersepeda saat musim penghujan ala dunia sepeda Makassar. Bagaimana penasaran sekali bukan? Inilah tips bersepeda aman di musim penghujan, diantaranya sebagai berikut:

1. Memperhatikan kondisi ban sepeda

Tips pertama yang bisa Anda terapkan ketika ingin bersepeda di musim penghujan adalah memperhatikan kondisi ban sepeda sebelum digunakan.

Anda harus tahu pada saat kondisi jalan sudah basah, becek, atau terdapat genangan air, maka kemampuan dari ban sepeda untuk menggigit permukaan jalan akan berkurang. Tidak seperti biasanya, ketika permukaan jalan bebas dari air.

Hal yang akan mempengaruhi keseimbangan bersepeda di jalan yang basah, becek, dan terdapat genangan air adalah jenis karet ban.

2. Menggunakan fender, spakbor, mudguard dalam menghindari cipratan genangan air

Saat memasuki musim penghujan fender, spakbor, mudguard jadi faktor terpenting dalam bersepeda.

Saat bersepeda pastinya ban akan menyemburkan genangan-genangan air ke arah atas. Bisa saja ada kemungkinan yang mana mata akan terkena cipratan air. Ketika mata terkena cipratan air maka akan menutupi pandangan.

Pemasangan spakbor sendiri merupakan kewajiban bagi pengguna sepeda, hal ini sudah diterapkan dalam peraturan kementerian perhubungan, PERMENHUB 59 Tahun 2020 tentang “Keselamatan pesepeda.”

3. Menggunakan lampu serta reflektor sepeda

Tips yang dapat diterapkan oleh Anda selanjutnya yaitu memasang lampu serta reflektor ke sepeda.

Mengapa kita perlu memasang lampu dan reflektor? Anda harus tahu bahwa disaat Anda bersepeda dalam keadaan hujan deras maka jarak pandang akan menjadi kabur lebih dari 20%. Pada saat Anda tidak memasang lampu dan reflektor, ada kemungkinan Anda cuman bisa memandang bayangan.

Anda bisa melakukan pemasangan lampu di depan ataupun di belakang untuk mengurangi risiko yang berbahaya terjadi disaat bersepeda dalam keadaan hujan.

4. Menggunakan jas hujan atau jersey waterproof

Tips sederhana yang bisa Anda gunakan dari dunia sepeda Makkasar adalah menggunakan jas hujan atau jersey waterproof. Menggunakan pakaian ini akan menghindari yang namanya virus maupun bakteri.

Ketika virus maupun bakteri masuk ke dalam tubuh, maka akan berpotensi menjadi penyakit.

5. Menggunakan lensa clear

Mulai saat ini mari gunakan kacamata lensa clear, untuk menjaga kemampuan mata melihat sekitarnya dalam kondisi hujan.

6. Membersihkan sepeda

Sesudah bersepeda di musim penghujan, jangan lupa untuk membersikan sepeda. Tidak lupa dengan merawatnya.

Sebelumnya, jika Anda ingin mendapatkan informasi menarik lainnya bersamaan dengan produk dan sumber sepeda, Anda bisa mengunjungi website Sumarno Bikes.

Dalam website Sumarno Bikes sudah tertera E-commerce untuk sepeda terbaik dengan harga frame siskiu n9 terjangkau, yang mana akan memudahkan Anda dalam melakukan pemesanan dan pembelian berbagai macam produk sepeda dan aksesorisnya.

Content Published By the SFiProfile

moramcconnan2
0

Publication author

offline 3 weeks

moramcconnan2

0
Comments: 0Publics: 1Registration: 31-08-2021